Sunday, January 31, 2010

memelihara kecantikan mata

Mata merupakan salah satu organ paling penting bagi manusia. Dengan mata kita dapat melihat dunia sekitar, kita dapat memahami indahnya ciptaan Tuhan dan banyak hal lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa semua orang akan merasa sangat takut kehilangan penglihatan.

Namun banyak di antara kita cukup takut untuk memeriksakan mata secara teratur untuk mendeteksi penyakit yang dapat menimbulkan hilangnya penglihatan. Kesibukan atau merasa yakin tidak ada masalah dengan penglihatan seringkali menjadi alasan sehingga tidak perlu pemeriksaan.

Penting untuk diketahui bahwa, tidak ada gejala awal dari penyakit pada mata. Penyakit pada mata seperti tekanan darah tinggi biasanya saat diketahui ada masalah, semua sudah terlambat.

Deteksi awal terhadap glaukoma dan katarak akan mencegah hilangnya penglihatan. Pemeriksaan mata secara teratur dari masih bayi sampai tua adalah kuncinya.

Menunggu sampai gejala muncul sebelum menjadwalkan untuk pemeriksaan mata bukan ide bagus karena ketika gejala muncul, sering penyakit lebih sulit untuk disembuhkan. Sekali penglihatan hilang, tidak akan bisa dikembalikan!

Di samping pemeriksaan secara teratur ada beberapa langkah pencegahan agar mata tidak terluka. Bagi mereka yang terlibat dalam olahraga seperti hoki, baseball atau squash perlu memakai pelindung mata seperti kaca mata pelindung debu, atau kaca mata pelindung lain termasuk mereka yang bekerja mengelas atau bekerja dengan bahan kimia.

No comments: